Resep Es Buah ala Thailand - jelutung.com

Kamis, 15 April 2021

Resep Es Buah ala Thailand

menu buka puasa es buah


Jelutung.com - Saat Buka puasa, kita akan menyiapkan menu berbuka yang sesuai dengan selera kita. Minuman segar seperti es buah menjadi pilihan untuk membatalkan puasa. 

Ada banyak resep es buah yang dapat anda buat, namun es buah satu ini tak kalah lezatnya untuk dinikmati setelah seharian tidak makan dan minum.

Langsung saja ya... kita akan coba buat minuman segar yang diberi nama "Resep Es Buah Ala Thailand dengan Rumput Laut".

Bahan-bahan

¼ kg tepung tapioka

375 ml air panas

Pewarna makanan berwarna hijau

Mutiara merah (sebagai buah Delima Thailand)

1 buah naga merah

1 bungkus rumput laut

es serut

Bahan sirup:

250 ml air

300 gram gula pasir

Bahan santan:

400 ml santan mental

1/2 sdt garam

Langkah-langkah

Buat cendol terlebih dahulu, campur tepung tapioka dan air mendidih. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Lalu diamkan hingga dingin, baru uleni dengan tangan hingga lembut. Bagi menjadi tiga bagian. Satu warna merah, satu lagi hijau, dan warna putih. Lalu gilas tipis dengan kayu giling. Potong-potong memanjang ukuran 5cm x 1cm.

Didihkan air, masukan potongan tapioka, masak matang, lalu masukan ke air dingin dan tiriskan. Selanjutnya, buat delima merah dengan cara merebus mutiara merah hingga matang. 

Buat sirup gula dengan masak gula dan air hingga mendidih serta mengental. Buat santan pada umumnya hingga mendidih dan mengental. Anda juga bisa menggunakan santan instan kara.

Cuci bersih rumput laut, lalu rendam dengan air mendidih selama dua menit. Kemudian, sisihkan. Kupas buah naga dan potong buah naga sesuai selera.

Sekarang saatnya memahami cara penyajian, tuang kuah santan dalam mangkuk saji. Lalu masukan rumput laut, mutiara (buah delima), cendol, buah naga. Beri es serut dan gula sirup. Hias atasnya dengan biji delima serta santan.

Es buah ala Thailand dengan rumput laut pun siap untuk dinikmati.

Selain segar, es dengan rumput laut ini kaya akan nutrisi, lho! Rumput laut memiliki kandungan air, protein, karbohidrat, lemak, serat kasar, asam nukleat, asam amino, bahkan vitamin A, B, C, D, E, dan K (Erwin, 2012: 5). Hal ini dituliskan leh Erwin dalam buku yang berjudul "Pangan Sehat Kaya Manfaat: + 25 Resep Hidangan Lezat Olahan Rumput Laut".

Wah, rasanya tidak sabar untuk mencoba resep es di atas untuk buka puasa dengan delima khas Thailand. Daripada penasaran, yuk segera praktikan di rumah! (*)


Dikutip dari kumparan.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda